IdeKU Untuk PLN
Enggk sengaja nih buka berita detik.com liat banner gedek di halaman depan ada lomba nulis blog tentang "IdeKU Untuk PLN"....nah cocok bingit nih sambil ngasih saran juga tes keberuntungan....hehehhe.
Beberapa minggu yang lalu .. Ane lupa tanggalnya sempat kirim beberapa saran ke halaman website PLN karena beberapa perihal karena masalah tarif dan layanan, nah ini saya rasa cocok ikutan karena mestinya kalau lomba pasti dibaca sama yang berkepentingan ...hehehhehe, mau menang apa kagak yang penting saran ini bisa nyampek dah..
Ada beberapa usulan melihat beberapa kasus Ane selama ini menggunakan jasa PLN :
1. MODEL KARTU SEPERTI GSM/CDMA UNTUK LISTRIK PRABAYAR
Kasus selama ini yang dihadapi mengenai listrik prabayar dengan pulsa adalah permasalahan harus memasukkan no token ke meteran listrik. Nah model listrik prabayar ini sebenarnya sudah bagus cuman menurut saya terlalu nanggung tekhnologinya, karena harus manual masukin no tokennya buat ngisi pulsa listriknya, kenapa enggk kayak ngisi no HP yang dari mana saja kita beli pulsa langsung bisa masuk !!!!!....
Coba dah dibayangin kalau lupa ngisi pulsa listrik terus malam udah larut dan yang jual pulsa udah pada tidur...terus Ente taroklah punya mobile bangking terus beli pulsa secara mobile....masalah berikutnya itu meteran listrik biasnaya diluar rumah, kalau udah tengah malam berani kagak keluar rumah buat masukin no token yang segitu banyaknya digelap gulita!!!!!.....ngeri enggk tuh.
Belum lagi kalau lagi pada keluar kota terus rumah disuruh jaga sama tetangga yg enggk ngerti pulsa listrik, tiba-tiba mati listrik ..yang jagain pasti bingung tuh.. nah klo kayak ngisi pulsa HP kan gampang ...tinggal beli terus di kirim masuk dah.
2. WEBSITE PLN UNTUK MASING-MASING PROVINSI
Jaman sekarang hampir setiap orang sudah memegang perangkat mobile yang bisa buka website dari HP, Tab, atau perangkat lainnya. Nah jika ada pemberitahuan mati lampu karena suatu hal biasanaya PLN di daerah Ane di Jogja itu pakai diumumin di koran. Masalahnya enggk semuanya pada teliti baca itu koran mengenai pengumuman mati bergilir, begitu mati lampu itu telpon PLN biasanya susah amir dihubungin. Belum lagi kalau tiba-tiba karena ada permasalahan apa gitu yang menyebabkan listrik padam...sudah pasti semua yang lampunya mati pada sibuk nelpon PLN, sampai kadang-kadang susah ditelponnya.
Dengan adanya website untuk masing-masing PLN di Provinsi diharapkan semua berita tentang PLN di wilayah tersebut dapat dilihat dan dipantau dengan mudah, apalagi website sekarng sudah support mobile, sehinga media interaktif masyarakat dengan PLN di wilayahnya dapat terjalin dengan mudah.
3. TEKNISI BANTUAN PERBAIKAN KERUSAKAN/INSTALASI LISTRIK SATU PINTU
Permasalahan ini mungkin hanya saya atau juga masyarakat lainnya mengalami, untuk melakukan instalasi listrik dirumah biasanya kebanyakan masyarakat dan saya sendiri itu tidak tau atau memang tidak ada jasa dari PLN untuk membantu dalam instalasi listrik rumah atau melakukan perbaikan instalasi listrik jika ada permasalahan, sehingga menggunakan jasa orang lain diluar teknis PLN untuk melakukan instalasi listrik dirumah, akibatnya instalasi listrik tidak sesuai standart dari ketentuan PLN. Belum lagi jika mengalami masalah kelistrikan masyarakat merasakan ribetnya jika harus meminta bantuan tim teknis PLN dan ada semacam ketakutan mengenai biaya jika hanya untuk melakukan perbaikan kecil, padahal jika keliru bisa menyebabkan kerusakan/bahaya yang fatal.
Nah sebaiknya PLN mempunyai tim teknis yang siap membantu masyarakat untuk instalasi listrik dimana tarif layanannya jelas dari PLN yang garansinya sesuai sandart PLN. Kemudian untuk masyarakat umum yang ingin menjadi teknisi listrik PLN diberikan pelatihan standrt atau semacam ISO , sehingga tidak semua orang diperbolehkan melakukan instalasi listrik demi untuk menjaga kenyaman dalam menikmati PLN.
Mungkin tiga itu saja saran saya untuk perbaikan kinerja PLN agar terus menjadi lebih baik dan benar-benar melayani sepenuh hati....
Beberapa minggu yang lalu .. Ane lupa tanggalnya sempat kirim beberapa saran ke halaman website PLN karena beberapa perihal karena masalah tarif dan layanan, nah ini saya rasa cocok ikutan karena mestinya kalau lomba pasti dibaca sama yang berkepentingan ...hehehhehe, mau menang apa kagak yang penting saran ini bisa nyampek dah..
Ada beberapa usulan melihat beberapa kasus Ane selama ini menggunakan jasa PLN :
1. MODEL KARTU SEPERTI GSM/CDMA UNTUK LISTRIK PRABAYAR
Kasus selama ini yang dihadapi mengenai listrik prabayar dengan pulsa adalah permasalahan harus memasukkan no token ke meteran listrik. Nah model listrik prabayar ini sebenarnya sudah bagus cuman menurut saya terlalu nanggung tekhnologinya, karena harus manual masukin no tokennya buat ngisi pulsa listriknya, kenapa enggk kayak ngisi no HP yang dari mana saja kita beli pulsa langsung bisa masuk !!!!!....
Coba dah dibayangin kalau lupa ngisi pulsa listrik terus malam udah larut dan yang jual pulsa udah pada tidur...terus Ente taroklah punya mobile bangking terus beli pulsa secara mobile....masalah berikutnya itu meteran listrik biasnaya diluar rumah, kalau udah tengah malam berani kagak keluar rumah buat masukin no token yang segitu banyaknya digelap gulita!!!!!.....ngeri enggk tuh.
Belum lagi kalau lagi pada keluar kota terus rumah disuruh jaga sama tetangga yg enggk ngerti pulsa listrik, tiba-tiba mati listrik ..yang jagain pasti bingung tuh.. nah klo kayak ngisi pulsa HP kan gampang ...tinggal beli terus di kirim masuk dah.
2. WEBSITE PLN UNTUK MASING-MASING PROVINSI
Jaman sekarang hampir setiap orang sudah memegang perangkat mobile yang bisa buka website dari HP, Tab, atau perangkat lainnya. Nah jika ada pemberitahuan mati lampu karena suatu hal biasanaya PLN di daerah Ane di Jogja itu pakai diumumin di koran. Masalahnya enggk semuanya pada teliti baca itu koran mengenai pengumuman mati bergilir, begitu mati lampu itu telpon PLN biasanya susah amir dihubungin. Belum lagi kalau tiba-tiba karena ada permasalahan apa gitu yang menyebabkan listrik padam...sudah pasti semua yang lampunya mati pada sibuk nelpon PLN, sampai kadang-kadang susah ditelponnya.
Dengan adanya website untuk masing-masing PLN di Provinsi diharapkan semua berita tentang PLN di wilayah tersebut dapat dilihat dan dipantau dengan mudah, apalagi website sekarng sudah support mobile, sehinga media interaktif masyarakat dengan PLN di wilayahnya dapat terjalin dengan mudah.
3. TEKNISI BANTUAN PERBAIKAN KERUSAKAN/INSTALASI LISTRIK SATU PINTU
Permasalahan ini mungkin hanya saya atau juga masyarakat lainnya mengalami, untuk melakukan instalasi listrik dirumah biasanya kebanyakan masyarakat dan saya sendiri itu tidak tau atau memang tidak ada jasa dari PLN untuk membantu dalam instalasi listrik rumah atau melakukan perbaikan instalasi listrik jika ada permasalahan, sehingga menggunakan jasa orang lain diluar teknis PLN untuk melakukan instalasi listrik dirumah, akibatnya instalasi listrik tidak sesuai standart dari ketentuan PLN. Belum lagi jika mengalami masalah kelistrikan masyarakat merasakan ribetnya jika harus meminta bantuan tim teknis PLN dan ada semacam ketakutan mengenai biaya jika hanya untuk melakukan perbaikan kecil, padahal jika keliru bisa menyebabkan kerusakan/bahaya yang fatal.
Nah sebaiknya PLN mempunyai tim teknis yang siap membantu masyarakat untuk instalasi listrik dimana tarif layanannya jelas dari PLN yang garansinya sesuai sandart PLN. Kemudian untuk masyarakat umum yang ingin menjadi teknisi listrik PLN diberikan pelatihan standrt atau semacam ISO , sehingga tidak semua orang diperbolehkan melakukan instalasi listrik demi untuk menjaga kenyaman dalam menikmati PLN.
Mungkin tiga itu saja saran saya untuk perbaikan kinerja PLN agar terus menjadi lebih baik dan benar-benar melayani sepenuh hati....

Tidak ada komentar: